Toyota Agya TRD-S A/T Limited


SPECS TOYOTA AGYA TRD-S LIMITED

Exterior
HID Projector Headlights 6000K, 15" TRD Alloy Wheels with 185/60 R15 Bridgestone Ecopia Tyres, LED Tail Lights, FI Low Mount Braking Light, Frameless Rain Wipers, Parking Camera and Rear Sensors, LED Daytime Running Light, 5 Zigen Muffler Cutter, Rear Wiper

Interior
TRD Synthetic Leather Seat, Keyless Smart Entry with Start Stop Button, Footlights, Optitron Display, Leather Steering Wheel with Audio Switch, 6.1" LED HD Pioneer Head Unit with Bluetooth, Garmin GPS, 6.1 Speakers Audio System with Rockford Fosgate Subwoofer, Pillars Ambiance Light, Auto Dimmable Rear View Mirror with compass and outside temperature, Stainless Scuff Plate with LED.

Safety
Dual SRS Airbag

Saturday, May 24, 2014

Ganti Setir All New Yaris Dengan Remote Audio Button/ Switch di Toyota Agya




Bagi saya yang senang mendegarkan musik dan video di mobil, keberadaan tombol audio control di setir sangatlah membantu supaya saya tidak harus mengalihkan pandangan saya dari jalan ketika hendak mengoperasikan Head Unit di Agya. Sayangnya Toyota Agya tidak menyertakan fitur tersebut dan terlebih setir Agya jika hendak diganti berarti mengganti kantung airbag nya juga. Awalnya saya berburu setir Veloz lengkap dengan airbagnya akan tetapi pada akhirnya saya mendapatkan setir all new Yaris ex lelang Toyota. 


Untuk mengganti setir Agya dengan setir Yaris kita harus mengganti juga kabel spiral bawaan Agya, karena kabel spiral Agya hanya mempunyai 2 output dan input saja. Sebenarnya kalo saya mau lebih "adventurous" option untuk membongkar kabel spiral dan menambahkan sambungan kabel secara manual bisa dilakukan, akan tetapi resiko dan tingkat keberhasilannya yang tidak 100% membuat saya urung melakukannya. Saya waktu itu sebenarnya masih belum tahu apakah kabel spiral Agya dan kabel spiral baru dengan multi socket akan masuk pas di Agya. Hanya berbekal pengalaman sebelumnya mengganti setir di Honda Freed saya, saya memberanikan diri untuk mencoba.

O ya, sebelum membongkar airbag pastikan aki sudah di diskoneksi terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Paket Setir Toyota Yaris + Airbag dan Kabel Spiral yang harus dibeli untuk mengganti setir Toyota Agya 

Ini adalah penampakan kabel spiral bawaan Toyota Agya. Bisa dilihat pin socketnya hanya ada dua, 1 untuk airbag dan 1 lagi untuk klakson. Disebelahnya (dengan 4 pin) adalah socket airbag yang celakanya berbeda dengan socket di kabel spiral yang baru.
Ini adalah penampakan kabel spiral yang baru dengan multi pin. Bisa dilihat jumlah pin di socket yang jauh lebih banyak memungkinkan untuk menambahkan banyak fitur lewat tombol-tombol di setir. Bisa juga dilihat bentuk socket airbag yang berbeda dengan socket bawaan Agya.

Center Adaptor Setir yang berwarna oranye adalah adaptor asli dari Agya yang lebih besar dari bawaan kabel spiral baru. Beruntung center adaptor tersebut bisa dibuka dan dipindahkan ke kabel spiral yang baru.
Untuk penanaman kabel di socket pin saya menggunakan socket bekas dari alarm dan untuk socket airbag di solder langsung ke pin.
Before

Setelah setir sukses terpasang, sensor SRS Airbag menyala dan itu adalah normal. Setelah ECU direset dan mobil didiagnosa lewat OBD di Auto2000, semua dinyatakan normal yang berarti sistem airbag baru sukses terintegrasi dan indikator SRS Airbag pun tidak menyala lagi.

Finished. Setir dan tombol audio Yaris sukses terpasang di Toyota Agya.
After :)

13 comments:

  1. sama modal ganti stir sama pasang lampu di pilar keadaan pintu brapa mas

    ReplyDelete
  2. om mau tanya donk itu dapet setir 1 set di harga brp kemaren??

    ReplyDelete
  3. Ganti setir dengan kabel spiral krg lbh 5jt dan lampu pilar 750rb

    ReplyDelete
  4. Om mau tanya, untuk pemasangan setir yaris tsb apa bisa dilakukan di Auto2000?

    ReplyDelete
  5. Keren om. Mau nanya itu stir beli di auto2000 dan pasang disana juga atau gmn?makasih atas waktunya om

    ReplyDelete
  6. Bli modif setirnya di mana? Mkc

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. itu pasang setirnya di auto2000 atau dimana? dan kok bisa nyala yaa emblem toyota nya??? apakah di modif lg untuk emblem nya?

    ReplyDelete
  9. Apakah harus ada kabel tambahan dari spiral ke head unit, agar berfungsi switch audio yg di stir?
    Atau kita hanya mengganti stir yg ada tombol buttonnya dan spiral sudah bisa berfungsi di head unit.

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. kontak saya aja gan saya ada stir new yari 2018 081251604141

    ReplyDelete
  11. Mohon info untuk kabel spiral,punya toyota tipe apakah yg cocok,karena saya pernah coba punya new agya,tipe clock spring nya tidak sama dudukannya..terima kasih

    ReplyDelete