Toyota Agya TRD-S A/T Limited


SPECS TOYOTA AGYA TRD-S LIMITED

Exterior
HID Projector Headlights 6000K, 15" TRD Alloy Wheels with 185/60 R15 Bridgestone Ecopia Tyres, LED Tail Lights, FI Low Mount Braking Light, Frameless Rain Wipers, Parking Camera and Rear Sensors, LED Daytime Running Light, 5 Zigen Muffler Cutter, Rear Wiper

Interior
TRD Synthetic Leather Seat, Keyless Smart Entry with Start Stop Button, Footlights, Optitron Display, Leather Steering Wheel with Audio Switch, 6.1" LED HD Pioneer Head Unit with Bluetooth, Garmin GPS, 6.1 Speakers Audio System with Rockford Fosgate Subwoofer, Pillars Ambiance Light, Auto Dimmable Rear View Mirror with compass and outside temperature, Stainless Scuff Plate with LED.

Safety
Dual SRS Airbag

Saturday, July 5, 2014

Modifikasi Audio Video System Agya

Karena saya akan memakai mobil ini sebagai commuter saya sehari-hari maka saya merasa kualitas entertainment system di Agya perlu dibenahi untuk mendapatkan kualitas suara dan fitur yang saya inginkan. Perlu diketahui bahwa dalam keadaan standar, Agya hanya dilengkapi dengan 2 buah speaker coaxial di panel pintu depan saja. Speaker bawaan pabrik hanya berukuran 4 inch saja dan dapat dipastikan kualitas suara yang dihasilkan sangatlah pas-pasan. 

2 Speaker standard dari pabrik berukuran 4" 

Head Unit
Sebagai sumber audio video, untuk head unit saya menjatuhkan pilihan ke Pioneer dengan tipe monitor LED double din keluaran terbaru mereka yaitu AVH-X2650BT. Saya pilih tipe ini karena saya pribadi merasa fitur-fiturnya sangatlah lengkap yg sdh ada bluetooth handsfree, mixtraxx, koneksi iOS/ android dan yang paling penting buat saya adalah built in modul untuk steering remote switch sehingga saya tidak usah membeli modul terpisah. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa di cek ke Pioneer AVH-X2650BT full spec 

User Interface yang cukup jelas dan manis dengan info jam dan hari. Panel HU masih menggunakan panel standar dan untuk menutup gap kiri kanan saya menggunakan "kuping" plastik dari Kijang Innova.

Head Unit ini dapat memainkan video dengan format DIVX (AVI) dan MPEG4 dan kompatibel dengan USB Flash Disk sampai dengan kapasitas 64GB. Dengan layar yang sudah High Res video dapat ditampilkan dengan kualitas terbaik. 

Microphone untuk percakapan handsfree mempunyai sensitifitas yang baik


Speaker Component/ Split 2 Way
Untuk speaker depan saya memakai produk Focal tipe Integration ISS165. Produk ini diberi nama integration karena crossovernya sudah built in dengan speaker mid, jadi tidak ada kotak crossover yang harus disembunyikan sehingga proses instalasi lebih sederhana dan tidak ribet.

Tweeter sudah disediakan dengan dudukannya

Speaker Two Way Focal Integration ISS165. Tampak di gambar built in crossovernya yang terletak dekat koneksi kabel speaker mid bass.

 Untuk di belakang saya menggunakan speaker coaxial Pioneer type entry level.


Subwoofer Aktif
Untuk low frequencies saya mempercayakan kepada subwoofer aktif keluaran Rockford Fosgate. Saya memilih subwoofer aktif yang bisa di install di kolong jok karena saya tidak mau mengorbankan ruang di bagasi. Dentuman bass yang dihasilkan subwoofer aktif ini tidak mengecewakan dan bagi saya pribadi sudah lebih dari cukup untuk mengisi frekuensi rendah dan membuat bass terasa padat berisi.


Subwoofer aktif berukuran 8" berdaya max 100 Watt yang ramping dan berdimensi mungil dengan output bass yang sangat dinamis.

Remote control bass yang sangat praktis juga termasuk dalam paket untuk mengatur level bass secara langsung.

Peredaman Pintu
Hal yang tidak kalah pentingnya saat mengupgrade audio mobil adalah peredaman di pintu-pintu. Suara bass akan terdengar lebih bulat dan minim distorsi jika peredaman di pintu-pintu mumpuni. Suara menggangu dari luar yang bisa diredam akan mampu meningkatkan kualitas suara audio kita secara signifikan. 

Untuk peredaman pintu Agya saya menggunakan 3 macam lapisan peredam. Yang pertama adalah STP foam untuk dipanel pintu plastik yang berfungsi meredam gelombang penyebab vibrasi dan menambah kesolidan panel pintu. Untuk lapisan berikutnya saya memakai Hushmat Silencer Megabond pada rangka dalam pintu yang berfungsi selain untuk peredam suara juga sebagai peredam panas (thermal insulation) untuk membuat suhu kabin tidak gampang panas. Dan lapisan terakhir di plat pintu saya menempelkan peredam Hushmat Ultra yang berbahan dasar Butyl yang sifatnya lebih ringan dan lebih gampang dan cepat untuk ditempel tanpa bantuan heat gun dibandingkan dengan peredam-peredam berbahan dasar aspal. Dengan peredaman ini pintu tertutup dengan suara solid dan kesan kaleng pada plat pun hilang. Ketika musik di set ke volume tinggi dan level bass tinggi panel-panel pintu di Agya saya tetap solid tanpa ada distorsi.

STP Acoustic Foam membuat pintu plastik Agya yang ringkih menjadi lebih solid


Lapisan kedua Hushmat Silencer Megabond yang berfungsi ganda sebagai sound dan thermal insulation. Tampak juga speaker coaxial Pioneer untuk output suara di kabin belakang.




8 comments:

  1. untuk urusan audio ini berapa biayanya gan/

    ReplyDelete
  2. bli add sya .. bingung nih dimana yg kerja bengkel nya bagus di gatsu buat bisa agya sya kyk punya nya bli hhe .. 7CCA09AB

    ReplyDelete
  3. Untuk sobwoofer kolongnya abis berapa om?

    ReplyDelete
  4. Untuk sobwoofer kolongnya abis berapa om?

    ReplyDelete
  5. Bli kita yang satu ini memang total banget...

    ReplyDelete
  6. Udh habis 1/2 harga mobil ni bli.. Kedepan kurang lengkap tanpa sunroof hehe.. Baro agya modif indonesia...

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete